Langsung ke konten utama

Fakta - Fakta Tentang Hari Buruh Internasional

Fakta - Fakta Tentang Hari Buruh Internasional

Kenapa di setiap tanggal 1 Mei selalu tanggal merah? 
Ya, jawabanya adalah karena di setiap tahun tanggal 1 Mei di tetapkan sebagai Hari Buruh Internasional. Hari Buruh biasa disebut juga Labour's Day atau May Day ini sangat identik dengan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut hak-hak buruh, dan bahkan sering kali demostrasi mereka berakhir dengan kekerasan. Dan berikut fakta-fakta mengenai Hari Buruh Internasional.
 
1. Semua Orang adalah Buruh
 
Pengertian Kata Buruh
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), buruh adalah orang yang bekerja sama orang lain dengan mendapatkan upah. Jadi berdasarkan pengertian diatas maka pegawai negeri sipil (PNS), karyawan swasta, dan orang upahan adalah buruh. Meskipun jabatannya supervisor, manager, general manager, dan direktur kalau bekerja untuk orang lain sebenarnya adalah seorang buruh. Cuma statusnya dalam pekerjaan lebih dihargai.

2. Asal Usul Hari Buruh
 
Hari pertama pada bulan Mei pada zaman Roma kuno diadakan sebuah perayaan festival yang diberi nama Floralia. Untuk namanya berasal dari nama flora yang dipercaya pada Zaman Roma Kuno sebagai dewi musim semi dan bunga.Perayaan itu selalu ramai dengan kegiatan bernyanyi, menari, dan mengadakan parade bunga. Pada zaman penjajahan, Bangsa Romawi Kuno juga melakukan penjajahan ke negara lain. Kebiasaan Perayaan Florida ini juga diperkenalkan dan berkembang jadi Hari Buruh.

3. Asal Usul Pekerjaan Buruh
 
Revolusi Industri pada tahun 1750-1850 adalah awal lahirnya pekerjaan baru. Lahir perusahaan-perusahaan baru yang menggunakan mesin. Untuk mengoperasikan dan menjaga proses bekerjanya mesin-mesin itu dibutuhkan pekerja. Akhirnya banyak perusahaan yang merekrut pekerja sebagai buruh pabrik.
 
4. Negara Pertama yang Meresmikan Hari Buruh
 
Amerika Utara adalah negara pertama yang melakukan perayaan dan demonstrasi Hari Buruh pada zaman modern. Sebagai wilayah yang pertama merayakan Revolusi Industri. Banyak perusahaan menggunakan mesin dan beroprasi setiap hari sehingga akhirnya muncullah pekerjaa sebagai buruh pabrik.

5. Ide Demostrasi Pertama Kali
 
Federasi Perdagangan dan Serikat Buruh pada awalnya di Amerika Serikat dan Kanada membuat tuntutan agar buruh bekerja hanya 8 jam setiap hari. Semata-mata tujuan mereka adalah untuk meningkatkan kesejahteraan hidup para buruh. Sayangnya pada masa itu tuntutan pertama buruh dalam sejarah itu ditolak oleh mayoritas pemilik perusahaan. Tuntuan mereka itu diminta dimulai sejak tanggal 1 Mei 1886. Karena banyaknya penolakan tersebut akhirnya mereka melakukan demonstrasi untuk pertama kali.

6. Pemberlakuan 8 Jam Kerja Buruh Pertama Kali
 
Hari pertama diberlakukannya jam kerja 8 jam buruh adalah hari pertama diberlakukannya Hari Buruh Internasional. Pada tahun 1889 Partai Sosialis Dunia di Paris, Perancis dilakukan rapat. Karena terjadinya kerusuhan buruh di Chicago, Illinois.  Dampak dari kerusuhan ini adalah mogok kerja dilakukan di Spayol, Rusia, Perancis, Italia, Inggris,dan Belanda. Sampai akhirnya pada 1 Mei 1890 menjadi hari Buruh Internasional.
7. Perayaan Hari Buruh Berlangsung Dijalan adalah Budaya
 
Turunnya buruh kejalan-jalan pada bukanlah sekedar aksi kerusuhan. Sejak tanggal 1 Mei dirayakan menjadi Hari Buruh Internasional. Setiap buruh turun kejalan-jalan. Sampai akhirnya pada zaman modern sekarang aksi ini terus berjalan.

8. Perayaan Hari Buruh Sering Terjadi Kerusuhan
 
Sejak awalnya kerusuhan selalu terjadi pada 1 Mei. Kenapa akhirnya Hari Buruh Internasional dijadikan hari libur juga karena terjadinya kerusuhan. Di Indonesia juga terjadi hal yang sama, misalnya pada 1 Mei 2006. Ketika seluruh buruh di Indonesia menolak revisi Undang-Undang No. 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, Didepan Gedung Kura-Kura Hijau.

9. Buruh Awalnya Bekerja 19-20 Jam
 
Fakta terakhir ini adalah fakta yang paling berat untuk dijalani. Untuk sekarang ini sulit membayangkan untuk bekerja selama 19-20 jam setiap hari. Pada parade Hari Buruh yang bukan tanggal 1 Mei yaitu tanggal 5 September 1882. Buruh yang berjumlah kurang lebih 20.000 orang berkumandang dengan spanduk 8 jam kerja, 8 jam istirahat, dan 8 jam rekreasi. Waktu 24 jam dibagi menjadi 3 jam waktu. Aksi tersebut terjadi pertama kali di New York.

Fakta - Fakta Tentang Hari Buruh Internasional


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIMPUL " HAL MENDASAR UNTUK KESELAMATAN YANG BESAR "

Hi Guys..!!! Sahabat Elang...

Selamat datang kembali di blog ukm SOSMA..




Kali ini elang mau ngebahas tentang Simpul dasar yang sering banget digunain buat aktifitas outdoor di alam bebas...
nah sebelumnya, simpul itu apa sih? terus gunanya buat apa?
yuk kita bahas satu persatu...
A. Pengertian Simpul
Simpul adalah hubungan 1 atau 2 tali yang dianyam sedemikian rupa sehingga sesuai dengan fungsi yang diharapkan, ada juga bisa diartikan seperti ini, Ikatan pada tali atau tambang yang dibuat dengan sengaja untuk keperluan tertentu..

Kisah Motivasi Hebat "Kentang Busuk"

KISAH MOTIVASI HIDUP “KENTANG BUSUK”

Pagi hari di sebuah sekolah, seorang guru mengajarkan sesuatu pada murid-muridnya. Beliau meminta agar para murid membawa sebuah kantong plastik besar dan mengisinya dengan kentang. Kentang-kentang itu mewakili setiap orang yang pernah menyakiti hati mereka dan belum dimaafkan. Setiap kentang yang dibawa, dituliskan sebuah nama orang yang pernah menyakiti hati murid-murid itu. 

Hymne & Mars STP SAHID

HYMNE STP SAHID
BERSATU DALAM CITA BERHIMPUN BERSAMA DIBAWAH PANJI SAKTI ALMAMATERKU...
KU BHAKTI KAN DHARMAKU  PADA INDONESIA... TURUT ABDIKAN JASA MEMBANGUN BANGSA
ALMAMATERKU YANG TERCINTA TETAPLAH ABADI
BERKAHI LAH YAA TUHAN STP SAHID JAYA..!!!!

MARS STP SAHID
SEJALAN RODA PEMBANGUNAN DIBIDANG PARIWISATA DI STP SAHID KITA BELAJAR BERSAMA
DENGAN ILMU, AMAL, DAN SHOLEH MARILAH KITA BERSAMA MENJUNJUNG HARKAT MARTABAT BANGSA DAN NEGARA
TAAT DIDALAM IBADAH KEPADA YANG ESA GALAKAN PARIWISATA KE MANCANEGARA
MAJU TERUS PANTANG MUNDUR LANGKAH LURUS TERATUR GAPAI CITA-CITA SETINGGI ANGKASA JANGAN MALAS, JANGAN TUNDA BUANG WAKTU PERCUMA
MASA DEPAN JAYA STP SAHID JAYA..!!!

Sukamdani Sahid Gitosardjono : Anak Tukang Jahit Yang Menjadi Pengusaha Sukses

Sukamdani Sahid Gitosardjono, ketika mendengar nama ini orang awam pasti bertanya-tanya karena nama ini begitu asing di telinga kita. Namun jika kita mendengar Hotel Sahid mungkin sebagian dari kita akan tahu hotel itu karena hotel itu adalah salah satu hotel terbesar di Indonesia. Ternyata di balik berdirinya Hotel Sahid ada nama Sukamdani Sahid Gitosardjono. Jaringan Hotel Sahid merupakan salah satu jaringan hotel terbesar di Indonesia yang bernaung dibawah Sahid Group yang membawahi beberapa bisnis. Pendirian Sahid Group mulai dirintis pada tahun 1953. Selain Jaringan Hotel Sahid beliau juga pemilik dari Hotel Sahid Jaya International.

Kampus Dengan Jurusan Pariwisata Dan Perhotelan Unggulan Di Indonesia

Sebentar lagi tahun tahun ajaran baru akan dimulai. Anak kelas XII tentunya sudah memilih selanjutnya akan kuliah dimana. tetapi mungkin masih ada juga yang bingung akan kuliah dimana.

Banyak banget pilihannya, mau Ekonomi, Sastra, Teknik, Psikologi, atau mungkin Pariwisata. Nah, salah satu jurusan yang sedang menjadi favorit beberapa tahun terakhir ini adalah pariwisata dan perhotelan. Terlihat dari permintaan lulusannya yang tinggi, efek dari berkembangnya pariwisata dan perhotelan di Indonesia bahkan dunia ini.

Kali ini kita akan kasih kamu referensi perguruan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata dan perhotelan terfavorit di Indonesia yang mungkin bisa kamu pilih. Selamat memilih dan akhirnya menggalau.
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Alamat: JL. DR. Setiabudhi 186 Bandung 40141
Tlp. 022.2011456 | Fax. 022.2012097
email : ppmb@stp-bandung.ac.id
Website: http://pmb.stp-bandung.ac.id Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Alamat: Jl. Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua –…

SOSMA 1.7 PROFESSIONAL AWARD 2017

Selasa, 12 September 2017




17 Tahun lalu harapan diiringi dengan usaha, SOSMA didirikan sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di STP Sahid Jakarta yang bergerak di bidang Sosial dan Pariwisata.
17 tahun sudah sejak perjuangan abang dan kakak kami untuk membangun organisasi yang tentunya dengan harapan organisasi ini dapat berguna untuk masyarakat, Nusa, Bangsa dan Negara.
Dalam usia yang ke-17 tahun ini, Kami masihlah sebuah keterbatasan, belum banyak hal yang bisa kami berikan untuk SOSMA namun perjuangan kami belum berhenti sampai disini.

Di usia yang dikatakan “special” oleh banyak orang, 17 tahun juga kami maknai dengan sangat special.
Perayaan anniversary SOSMA kali ini mengangkat tema “SOSMA 1.7 Professional Award 2017” dengan tujuan memberikan penghargaan untuk orang-orang yang sudah berjasa, umumnya untuk STP Sahid dan khususnya untuk SOSMA sendiri.

Perayaan anniversary kali ini juga, kami memilih untuk mengangkat budaya Indonesia dari keseluruhan rangkaian acara sepert…